Australia Selatan Berlakukan Larangan Merokok di Luar Ruang Restoran

image : rhizomananopropolis.com


INDOAU.COM – Mulai 1 Juli 2016, negara bagian Australia Selatan berlakukan larangan merokok di luar ruang restoran atau tempat dimanan makanan disajikan.

Direktur Eksekutif Dewan Kanker Australia Selatan, Lincoln Size, mengatakan bahwa ia mengaku puas karena para tamu maupun pekerja restoran akan mendapat perlindungan baik di dalam maupun di luar restoran.

"Tidak ada kadar menghirup asap rokok yang bisa disebut sebagai ambang aman, dan saya puas sejak 1 Juli, staf dan tamu restoran di luar ruang pub, klub dan cafe akan terlindungi, demikian juga yang berada di dalam ruangan." kata Size.

Ia juga mengatakan, setiap minggunya sebanyak 21 orang meninggal di Australia akibat rokok.

Meskipun demikian, merokok masih diperbolehkan di taman bir terbuka dan makanan yang disajikan telah disiapkan sebelumnya.

Larangan merokok berlaku untuk rokok sigaret, cerutu atau menghisap dari pipa seperti shisha, hookah dan pipa air (water pipes).

Mereka yang merokok di luar ruangan di restoran akan didenda $ 200 (sekitar Rp 2 juta), sementara bisnis tempat hal itu terjadi bisa dikenai denda $ 1250 (sekitar Rp 12 juta).

Direktur Eksekutif Asosiasi Perhotelan Australia Ian Horne mengatakan pihaknya sudah memiliki waktu dua tahun untuk mempersiapkan perubahan peraturan tersebut.

"Saya kira sebagian besar menerima... dan ini sudah kemajuan." kata Horne.

"Saya kira pada dasarnya pemerintah tidak mau melarang merokok seluruhnya, jadi selalu bakal ada perokok, dan sebagian dari mereka adalah pelanggan hotel, klub atau cafe."

"Saya kira sudah ada kesadaran di dalam masyarakat khususnya ketika sedang makan, kita harus dilindungi untuk tidak menghirup asap rokok orang lain."

Horne juga mengatakan, beberapa hotel di Australia Selatan sudah menerapkan pelarangan rokok di hotel mereka.

"Untuk beberapa tempat, mereka memiliki pilihan bila itu berdampak kepada bisnis mereka, dan pilihan itu adalah 'kami tidak akan menyediakan makanan di luar ruang." kata Horne.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment