Butuh Waktu Sebulan Untuk Mengetahui Hasil Lengkap Pemilu Australia 2016


Suara untuk pemilihan anggota Senat sedang dirapikan di daerah pemilihan Petrie di Australia Barat (image : australiaplus.com)

INDOAU.COM – Komisi Pemilihan Umum Australia (AEC) mengatakan bahwa dibutuhkan waktu 1 bulan untuk mengetahui dengan pasti hasil pemilihan umum 2016.

Hasil sementara menunjukkan tidak ada pemenang, karena baik Partai Koalisi (Liberal dan Nasional), maupun Partai Buruh menempati kursi yang cukup untuk membentuk pemerintahan mayoritas.

Sejauh ini Koalisi dan Buruh sampai hari Senin (4/7/2016) masih memiliki kursi di bawah 70. Partai yang memiliki mayoritas harus memiliki 76 kursi.

Sebanyak 75 persen suara yang telah dihitung, besar kemungkinan Australia menghadapi situasi parlemen gantung (hung parlemen), yaitu tak ada satupun partai memiliki mayoritas.

Juru bicara AEC Phil Diak mengatakan lebih dari 11 juta suara untuk pemilihan anggota DPR sudah dihitung hari Sabtu (2/7), namun diperlukan waktu hingga satu bulan untuk menghitung sisa suara.

"Tampak ada pola yang kuat bahwa diperlukan waktu sekitar 1 bulan untuk menyelesaikan penghitungan bagi DPR dan Senat." kata Diak, dikutip dari australiaplus.com.

"AEC tidak akan mengumumkan suara untuk kursi tertentu sampai suara untuk yang menang tidak akan bisa dikejar oleh sisanya secara matematis." tambahnya.

"Jadi itu berarti akan diperlukan waktu lebih lama, sebelum seseorang bisa menyatakan menang, atau ada pihak yang mengaku kalah."

Sementara itu, penghitungan suara untuk anggota DPR baru akan dimulai lagi hari Selasa (5/7).

Diak mengatakan,masih ada suara yang dikirim lewat posa dan suara yang tidak memilih, yang harus dikirim ke daerah pemilihan masing-masing sebelum penghitungan bagi DPR, Selasa.

"Kami harus melakukan apa yang disebut deklarasi perubahan suara, dimana suara lewat post dan mereka yang tidak memilih, yang tidak dihitung kemarin, sekarang dikumpulkan dan dipaketkan."

"Ini adalah tugas besa dan harus dilakukan dengan hati-hati sebelum penghitungan apapun dimulai."

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment