Hamil Muda, Wanita ini Kontraksi Saat Arus Balik Lebaran

image. m.tempo.co


INDOAU.COM – Seorang wanita asal Kota Gajah, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, mengalami kontraksi saat perjalanan balik usai Lebaran 2016 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Wanita bernama Yanti (27) itu berlebaran di Kampung Ciomas Padarincang, Serang, Banten. Ia mengalami kontraksi saat lesehan di Kapal Motor Penumpang (KMP) Rajarakata yang bersandar di Dermaga VI Pelabuhan Bakauheni, Sabtu dini hari.

Salah satu keluarga Yanti, Ngkis (45), mengatakan bahwa awalnya Yanti dan anggota keluarga lainnya beristirahat di lesehan kapal. Namun tiba-tiba Yanti merasakan perutnya mulas disertai pendarahan.

"Ya, awalnya tidak ada keluhan, hanya saja saat kapal mau sandar tiba-tiba Yanti mengalami kontraksi," kata Ngkis.

Menurut keterangan dokter jaga di Posko Kesehatan Pelabuhan Bakauheni, dr. Azis Hariwibowo, Yanti mengalami pendarahan pada kandungannya yang beru berusia 16-17 minggu. "Usia kandungan di bawah 20 minggu sangat rentan terhadap gangguan kehamilan atau mengalami keguguran," katanya.

Ia mengatakan, kemungkinan Yanti mengalami keguguran sehingga harus dirujuk ke RS Kalianda untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Menurut informasi yang didapat dr. Azis, sebelum mudik Yanti sudah konsultasi ke dokter, namun pihak yang bersangkutan tak menjeaskan bahwa Yanti hendak melakukan perjalanan mudik lebaran .

"Biasanya pada usia kehamilan seperti itu dokter akan memberikan penguat kandungan atau bahkan dilarang bepergian jauh, mengingat rentan terjadi keguguran dalam kondisi seperti itu," ujarnya.

[FY]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment