Ini Alasan Tiongkok Tolak Putusan Sengketa Laut China Selatan



INDOAU.COM – Pemerintah China menolak hasil Pengadilan tribunal Internasional di Den Haag, yang menyatakan Filipina menjadi pemenang atas nine dash line China di perairan Laut China Selatan (LCS).

"Kedaulatan teritorial dan hak maritim China di lautan (China Selatan) tak akan terpengaruh oleh keputusan ini dalam segala hal," sebut Xi seperti dikutip dari BBC.

Selain itu Presiden Badan Konsultasi Diplomasi Publik China, Chen Shiqiu , menambahkan pernyataan Xi bahwa pemerintahnya tak mau mengakui putusan itu didasari alasan tepat.

Ia menjelaskan, 19 Febuari 2013 pemerintahnya, tidak akan berpartisipasi atas Pengadilan Tribunal Internasional. Selain itu, China juga telah mengeluarkan inisiasi arbitrase yurisdiksinya di Laut China Selatan yang diinisiasi bersama Pemerintah Filipina.

Oleh karena itu,ia menegaskan bahwa keputusan Pengadilan Tribunal Internasional di Den Haag bersifat unilateral. Sehingga putusan yang dikeluarkan tak perlu ditaati.

"Kemlu, kami telah mengeluarkan deklarasi bahwa putusan yang dikeluarkan itu tidak sah dan tak berlaku dan tak terikat," tegasnya.

"China tak akan menerima atau mengakui itu. Posisi China ini adalah jelas dan akan selalu konsisten," papar Chen.

[FY]



Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment