Jurnalis Televisi Dipecat Karena Digendong Warga Saat Liputan

image : merderka.com


INDOAU.COM – Seorang reporter televisi Meksiko dipecat setelah ia digendong saat meliput bencana banjir.

Lydia Cumming mendapat kritikan dari berbagai pihak setelah fotonya digendong warga Puebla, wilayah tengah Meksiko, viral di dunia maya dengan tagar #LadyReportera.

Saat itu ia ditugaskan untuk meliput bencana banjir. Lydia kemudian meminta maaf setelah ia kehilangan pekerjaannya di salah satu stasiun televisi Meksiko, TV Azteca.

"Foto-foto itu memang menunjukkan kurangnya profesionalisme. Kami hanya ingin membantu tetapi kami malah menciptakan keburukan," kata Lydia.

Ia menjelaskan, saat itu ia tak menggunakan sepatu yang tepat untuk meliput bencana banjir. Dalam wawancara dengan harian El Pais, saat menawari untuk menggendongnya, dan ia tak berani untuk menolak karena takut dianggap tak sopan.

"Saya mencoba menjalin hubungan dan empati dengan warga setempat dan khawatir dianggap tak sopan jika menolak tawaran mereka. Saya digendong selama beberapa detik dan kemudian meminta mereka menurunkan saya," kata dia.

"Terlepas dari masalah ini, saya tetap ingin menjadi jurnalis, saya mencintai profesi ini, saya sudah meliput banyak bencana banjir dan saya juga berbasah-basah," tambah dia.

"Media sosial bisa sangat membantu atau menghancurkan Anda. Saya harus lebih hati-hati dan lebih waspada terkait apa yang saya bagi di media sosial," lanjut dia.

Sementara itu, lewat akun Twitter, manajemen TV Azteca mengatakan, pihaknya tak menjatuhkan hukuman terkai foto yang beredar, namun karena kurangnya profesionalisme saat peliputan.

"Untuk hal inilah Lydia Cumming bukan lagi bagian dari kami. Semua karyawan TV Azteca wajib untuk menghormati semua orang dan ini adalah jiwa perusahaan kami," tambah pernyataan itu.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment