Kompetisi ini Berhadiah Rp 73 Juta Untuk Sosok yang Mirip Van Gogh

image : hot.detik.com


INDOAU.COM – Seniman Doughlas Coupland tengah mencari sosok yang mirip dengan Van Gogh. Sosok Vincent Van Gogh digambarkan sebagai seorang yang berwajah serius, muram, rambut berwarna merah dan berjanggut.

Kompetisi pencarian sosok mirip Van Gogh bernama ‘Lookalike’ ini berhadiah senilai Rp 73 juta, dan akan menjadi model untuk sebuah patung perunggu besar berkepala Van Gogh.

"Saya percaya di dunia ini pasti ada seseorang yang terlihat seperti Vincent van Gogh. Bisa jadi tetangga sebelah rumah, pria di tempat kerja, atau bisa jadi Anda," katanya, dilansir dari Guardian, Kamis (30/6/2016).

Seniman asal Kanada tersebut membuat perkembangan karyanya lewat situs crowdsourcing, iamvincent.com, dan meminta setiap orang untuk mengirikan foto 'Looalike'. Selain itu, Coupland punya tujuan lain.

"Saya ingin memicu persoalan tentang hubungan baru antara ilmu pengetahuan, seni, dan globalisasi," tambah dia lagi.

Jika sosok mirip Van Gogh sudah terpilih, Coupland berjanji akan memberikan hadiah uang tunai dan memberangkatkan pemenang ke Kanada untuk dibuatkan 3D scan dengan ukuran setinggi 3 meter.

"Saya ingin sepotong patung perunggu menjadi abadi tapi saya juga ingin dijiwai dengan jiwa abad ke-21 atau kontemporer," lanjutnya.

Van Gogh ‘Lookalike’ ini masih akan dibuka hingga 20 Agustus mendatang.

[MZ]


Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment