Mual dan Sakit Perut, Ternyata Ada Sekumpulan Cacing Kremi di Usus Gadis ini


image : liputan6.com

INDOAU.COM – Seroang remaja berusia 15 tahun mengeluh mual dan nyeri di sisi kanan dekat pinggulnya. Awalnya dokter menduga gadis tersebut menderita usus buntu, karena gejalanya mirip usus buntu. Namun ada sesuatu yang janggal dari hasil tes darah, sampel urin dan USG tak menunjukkan adanya tanda-tanda infeksi.

Dokter menyarankan untuk melakukan operasi agar dapat meredakan sakitnya karena usus buntu dapat menyebabkan kematian jika tak diatasi.

Dr Luke Allen dari bagian tim medis yang merawat pasien mengatakan bahwa mereka memutuskan untuk melakukan laparoskopi yaitu jenis operasi yang memungkinkan kases ke dalam perut tanpa sayatan besar di kulit pasien.

Sebuah kaera pun dimasukkan untuk melihat bagian dalam perut untuk menjalankan prosedur operasi lebih lanjut.

Hasil pemeriksaan di bagian ovarium rahim dan usus kecil dalam kondisi baik-baik saja, namun ada yang aneh di bagian usus buntu yang berwarna keputihan padahal biasanya berwarna merah muda atau merah.

Saat dokter tengah bersiap untuk mengangkat usus buntu, tiba-tiba dikejutkan oleh sesuatu berwarna putih yang mengeliat aktif, Dan ternyata itu adalah sekumpulan cacing.

Tim medis segera membersikannya dari cacing tersebut menggunakan pipa hisap, mencegah agar tidak jatuh ke rongga perut.

Setelahh cacing kremi dibersihkan, remaja besrta keluarganya yang tak disebutkan identitasnya itu diberi obat untuk membunuh parasit dan telur cacing yang masih tersisa.

Kini rasa sakitnya sudah hilang dan ia sudah pulih kembali. Kasus ini kemudian ditulis dalam jurnal BMJ Case Reports.

[MZ]

Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment