Penjara di Perth Atasi Napi Kambuhan dengan Trik Khusus

image : rmoljakarta.com


INDOAU.COM – Sebuah penjara di Australia memiliki trik teertentu untuk mengurangi narapidana kambuhan dengan memenuhi kebutuhan interaksi dengan keluarganya.

Wandoo Reintegration Facility merupakan sebuah penjara dengan pengamanan minimun di Perth yang menampung 77 narapidana berusia 18-28 tahun.

Penjara ini memiliki program dimana para napi diperbolehkan berkumpul dengan orang tua, anak dan pasangan masing-masing pada hari keluarga.

Kegiatan yang dilakukan yakni berupa pesta barbecue, mengecat wajah, sepakbola atau bermain dengan hewan di kebun binatang mini milik penjara.

Meskipun kegiatan tersebut dilakukan di dalam penjara, namun salah seorang napi bernama Ken (bukan nama sebenarnya) mengaku diuntungkan dengan program ini. Berkat program ini, ia berkesempatan mendekatkan diri dengan putrinya yang baru berumur tiga bulan.

"Istri saya tentu kesulitan untuk mengurus putri kami sendirian. Jadi yang bisa saya lakukan hanyalah ini, memberikan dukungan sepenuhnya walaupun amat sulit," katanya seperti dilaporkan ABC Australia.

Ia juga menambahkan, program tersebut membuatnya bertekad untuk bertingkah laku baik di dalam penjara agar mendapatkan pengampunan dan bisa segera bebas.

Lucy Hayne, manajer rehabilitasi dari Wandoo menjelaskan, program ini memang sengaja dibuat untuk menurunkan tingkat residivisme dari para napi yaitu dengan mendekatkan kembali dengan komunitasnya, dimulai dari keluarganya sendiri.

"Biasanya setelah bebas, mereka sulit mendapat pekerjaan atau bertemu dengan anak istrinya. Karenanya mereka jadi terisolasi dan lebih cenderung melakukan tindakan kriminal lagi. Tetapi dengan adanya program ini, diharapkan mereka enggan untuk 'kambuh' lagi karena ingin terus bersama keluarganya," timpal manajer operasi Save The Children, Steve Thrussell.

[FY]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment