Perairan Sulawesi jadi Jalur Tikus Imigran Gelap ke Australia

image : kapal-indonesia.com


INDOAU.COM – Wilayah perairan Provinsi Sulawesi Selatatan menjadi jalur tikus menuju Australia. Oleh karena itu, banyak sekali imigran ilegal ke Australia yang melalui jalur tersebut.

"Kantor Imigrasi Kelas I Makassar sudah pernah menggagalkan penyelundupan 20 orang asing imigran gelap yang hendak menyeberang ke Australia pada Februari lalu," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Makassar Tegas Hartawan, dikutip dari Liputan6, Jumat (29/7/2016).

"Mereka diketahui berkewarganegaraan India dan Bangladesh. Dan kini berkas penyidikan mereka telah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Negeri Makassar dan siap disidangkan di pengadilan," kata dia.

Ia mengatakan, 20 orang asing tak berpaspor ditangkap aparat Kepolisian Resort Sinjai ketika berada di sebuah rumah penduduk di perbatasan Kabupaten Bone dan Kabupaten Sinjai.

Hasil penyelidikan mengatakan bahwa mereka hendak menyeberang ke Australia secara ilegal melalui Sinjai.Mereka dibantu oleh seorang WNI yang menyewakan kapal untuk menyeberang.

"Modus yang mereka lakukan, yakni masuk ke Indonesia tanpa melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI). Beberapa di antaranya bahkan menyalahgunakan izin tinggal untuk mengelabui petugas Imigrasi dengan berpura-pura bekerja menangkap ikan," dia menjelaskan.

[FY]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment