Peringati Tumpek Landep, Umat Hindu Bali Istirahatkan Kendaraan

image : merdeka.com


INDOAU.COM – Sabtu (9/7/2016) merupakan hari suci bagi umat Hindu di Bali, yaitu Hari Wuku Landep. Hari suci ini diperingati warga Bali dengan melaksanakan upacara untuk kekuatan kendaraan atau sarana yang terbuat dari besi.

Seperti halnya kendaraan, di hari suci ini warga Bali juga menyakralkan benda-benda peninggalan leluhur berupa keris dan tumbak.

Saat memperingati Hari Wuku Landep atau Tumpek Landep, biasanya kemacetan di seluruh Bali agak berkurang, hal tersebut dikarenakan semua kendaraan milik umat Hindu di Bali diistirahatkan untuk hari ini karena akan diikutkan dalam upacara.

"Upacara ini kita laksanakan setiap enam bulan sekali. Setidaknya selama enam bulan kita gunakan untuk bekerja dan memenuhi keinginan kita, hari ini kita upacarai agar keselamatan menyertai selalu. Ini hanya simbolis saja, tergantung bagaimana kita memakai hari Tumpek Landep ini," papar Nyoman Raka, warga Desa Sanur, Sabtu (9/7).

Salah seorang pemangku di wilayah Denpasar, Mangku Widya, mengatakan bahwa pemahaman hari Tumpek Landep merupakan ucapan rasa syukur umat Hindu Bali kepada Tuhan atas kecerdasan akal dan budi.

"Kesempurnaan kita sebagai manusia adanya pikiran yang kita miliki. Di hari yang suci ini kita landepkan (tajamkan) pikiran kita untuk lebih berpikir positif. Soal kenapa kita lakukan upacara kepada benda-benda yang terbuat dari besi? Itu hanya sebuah simbolis ketajaman kita dan pegangan kita selama ini dalam mencari rejeki atau sebagainya," tutur dia.

[FY]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment