Pertama Kalinya, Sekretaris Deplu Australia Dijabat Seorang Perempuan

image : theaustralian.com.au


INDOAU.COM – Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) atau Deplu Australia menunjuk perempuan bernama Frances Adamson sebagai sekretaris sekaligus menjadikannya perempuan pertama pada posisi tersebut. Ia adalah seorang pakar masalah China dan Asia.

Sebelumnya, Adamson bertugas sebagai Dubes Australia di China, dan juga pernah menjabat sebagai Konsul Jenderal di Hong Kong serta Taipei dan London.

Di era Pemerintahan Julia Gillard dan Kevin Rudd, Adamson menjabat sebagai kepala staf di kantor Menlu Stephen Smith.

"Dia memiliki karir menonjol sebagai diplomat dan membawa pengalaman dan pemahaman mendalam mengenai masalah internasional pada posisi ini. Saya sampaikan selamat buat Adamson atas penunjukannya," kata PM Turnbull.

Adamson disebut-sebut sebagai salah satu kandidat pengganti mantan sekretaris DFAT Peter Varghese, yang telah mengumumkan akan meninggalkan jabatan tersebut November tahun lalu.

Sehari sebelum pengumuman itu, Varghese meluncurkan strategi Women in Leadership dari DFAT yang ditujukan untuk meningkatkan jumlah perempuan dalam posisi senior di jajaran DFAT.

Peranan sekretaris DFAT sendiri dipandang sebagai salah satu jabatan paling bergengsi di lingkungan jabatan publik di Australia.

Adamson akan mulai bertugas pada Jumat pekan ini untuk masa jabatan lima tahun mendatang.

[FY]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment