Profesor di Afrika Tuai Pujian Karena Mengajar Sambil Gendong Bayi


image : liputan6.com

INDOAU.COM – Seorang guru besar di sebuah universitas Pantai Gading, Afrika Barat, bernama Honore Kahi menuai pujian setelah foto dirinya tengah menggendong sambil mengajar di kelas tersebar.

Kahi menawarkan diri untuk menggendong bayi tersebut yang menangis di tengah pelajaran. Anak kecil itu dibawa oleh sang ibu yang tengah belajar di kelasmya. Namun tak bisa duduk diam.

"Dia terkejut dan tertawa saat aku menawarkan diri untuk menggendong bayinya. Lalu dia mengambil foto," kata Kahi, seperti dikutip dari BBC, Jumat (1/7/2016).

Profesor Kahi mengikatkan anak tersebut di punggungnya, dan takk lama anak tersebut berhenti menangis karena tertidur.

"Faktanya, laki-laki sebenarnya tahu bagaimana cara melakukan sesuatu. Hanya saja cara masyarakat memandang pria, membuat mereka enggan melakukannya," kata Kahi.

Setelah fotonya yang tengah menggendong bayi sambil mengajar di kelas itu tersebar, ia dijadikan seorang panutan.

"Mereka kemudian menyadari, seperti inilah seorang ayah yang baik, lelaki sejati... (dan) panutan," kata guru besar Universitas Bouake itu.

Kahi mengatakan, kaum perempuan harusnya tak berkecil hati atas persepsi orang tentang apa yang harus mereka lakukan.

"Apa yang berlaku di sini adalah...  chauvinisme laki-laki. Ini bukan karena ada hal sulit lalu kita tidak berani. Justru karena kita tidak berani hal tersebut menjadi sulit," kata dia.

"Dalam lingkungan ini, kita membiarkan diri kita berkecil hati akibat orang lain," ujar Kahi menambahkan.

[MZ]


Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment