Ayah ini Tega Nikahkan Anak 6 Tahun dengan Pria 55 Tahun Demi Seekor Kambing

image : liputan6.com


INDOAU.COM – Seorang ayah di Afghanistan tega menikahkan anaknya yang berusia lima tahun kepada pria berusia 55 tahun demi mendapatkan seekor kambing dan sekeranjang makanan. Gadis cilik bernama Gharibgol itu meronta sejadinya saat hendak dinikahkan dengan pria yang lebih pantas menjadi kakeknya itu.

Calon suami Gharibgol adalah Seyed Abdolkarim. Ia dikenal sebagai mullah atau pemuka agama di desa Obeh.

Perkawinan tersebut jelas melanggar aturan hukum di Afghanista, dimana mempelai wanita harus berusia di atas 16 tahun untuk bisa melangsungkan perkawinan.

Seorang jurnalis di ‘Herat’, Fawad Ahmady merekam video Gharibgol dan menyebarkannya di dunia maya. Video tersebut pun membuat netizen terkejut dengan pernikahan antara kedua mempelai yang terpaut jauh usianya itu.

"Ayah gadis cilik itu mengaku kesulitan memenuhi kebutuhan keluarga," kata Ahmady seperti dikutip dari The Observer, Sabtu (6/8/2016).

Pernikahan tersebut dilakukan sekitar 40 hari yang lalu. "Gadis itu dijual oleh ayahnya, dipertukarkan dengan seekor kambing, sekantong beras, teh, gula, dan beberapa liter minyak goreng."

Setelah melangsungkan pernikahan, Gharibgot pun dibawa ‘suaminya’ ke Firozkoh, di Provinsi Ghor untuk tinggal di rumah saudara jauhnya.

Awalnya sang kerabat pun mengira Gharibgot adalah putri sang mullah. "Dia bukan putrimu?," tanya sang kerabat.

Sang mullah pun kemudian menjawab, "Bukan. Dia adalah istriku. Ayahnya memberikannya padaku."

Beruntung, kerabat tersebut masih punya hati. Ia menghubungi lembaga perlindungan perempuan di Ghor yang lantas menghubungi polisi.

"Hari berikutnya, pada 31 Juli 2016, polisi menahan mullah itu. lalu giliran ayah Gharibgol," kata Fawad Ahmady. "Namun, sebelum ayah gadis itu dibawa polisi, sejumlah perempuan desa menyerang dan memukulinya. Aku merekam kejadian itu."

Berdasarkan pemeriksaan di rumah sakit, Ghor tak mengalami kekerasan seksual apapun, dan kini ia tingal bersama ibunya di rumah aman (safe house) di Firozkoh.



[FY]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment