Spesialis di Australia Membuat Tim Khusus Demi Penyakit Misterius Bocah Ini

image : detik.com

INDOAU.COM – Seorang anak bernama Jess Jackson (11) dari Baldivis, Australia, telah menjadi pasien langganan rumah sakit sejak ia lahir. Tubuh bocah perempuan itu bisa terbilang cukup kecil untuk anak seusianya dan diketahui memiliki masalah kesehatan yang belum jelas penyebabnya.

Hingga kini, dokter mengaku tak bisa mendiagnosis penyakit misterius yang dialami Jess. Sejak lahir Jess sudah menjalani dua kali operasi tengkorak-wajah, di mana pada prosedur pertama seluruh tengkorak belakangnya diangkat.

"Saat pertama kali dia lahir rasanya sangat menyeramkan. Tidak tahu apa-apa, tidak mengerti apa-apa. Hanya bisa melihat bahwa ada sesuatu yang tidak beres tapi tidak ada yang tahu apa jawabannya," ujar sang ibu, Heidi McNair, seperti dikutip dari ABC Australia, Jumat (12/8/2016).

Satu hal yang terlihat mencolok dari Jess adalah pertumbuhannya yang lamban dan struktur wajah yang abnormal. Di usianya yang kini 11 tahun itu tubuhnya setara dengan anak umur 6 tahun, sehingga ia harus mengonsumsi hormon pertumbuhan untuk membantunya meningkatkan berat dan tinggi badannya.

Kasus Jess ini telah menarik perhatian sekelompok tim spesialis untuk mendedikasikan diri mereka mendiagnosis penyakit langka. Jess akan menjadi pasien kedua tim Undiagnosed Diseases Program dan diharapkan setelah diketahui apa sumbernya serta terapi yang tepat bisa diberikan.

Gareth Baynam, pemimpin tim, mengatakan bahwa meski penyakit langka hanya dialami oleh segelintir orang, beban biaya yang ditanggung bisa lebih banyak dari penyakit umumnya.

"Kalau kita bisa bilang 'lihat karena kondisi ini dan karena mutasi genetik ini', dari pengetahuan baru itu lalu kita bisa bilang bahwa ada obat yang sebelumnya tak pernah kita pikirkan," kata Gareth.

[MZ]


Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment