Rayakan Sejarah LGBTI, Adelaide Resmikan Jalur Pelangi di Pusat Kota

image : australiaplus.com


INDOAU.COM – Untuk merayakan sejarah LGBTI (Lesbian Gay Bisexual Transgender Intersex), Adelaide resmikan sebuah jalur berwana pelangi di pusat kota, dekat dengan kampus ‘Adelaide College of the Arts’.

Dalam Jalur Pelangi di komplek ‘Light Square’ itu terdapat sebuah kronologi tertulis tentang  sejumlah momen bersejarah bagi kaum minoritas seksual di Australia Selatan.

Robert Simms, mantan Ketua Dewan Kota Adelaide sekaligus Senator Partai Hijau, mengatakan bahwa instalasi jalur pelangi itu akan mengirim pesan positif tentang komunitas gay dan lesbian,

"Kami memiliki cerita yang sangat membanggakan untuk diceritakan di sini di Australia Selatan -kami adalah negara bagian pertama di Australia yang melegalkan homoseksualitas," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, "Alasan mengapa saya mengajukan proyek ini ketika saya masih di dewan kota adalah agar kami bisa mengakui tradisi itu dan benar-benar merayakan sejarah yang membanggakan tersebut."

"Ini adalah pengingat tentang seberapa jauh kami berjuang untuk reformasi hukum bagi LGBTI Australia, tetapi juga pengingat bahwa jalur pelangi ini belum berakhir dan kami masih punya pekerjaan yang harus dilakukan," jelasnya.

Martin Haese, Walikota Adelaide, mengatakan wilayah ‘West End’ (ujung barat) kota ini merupakan rumah yang sempurna untuk Jalur Pelangi.

"Ini terlihat sangat pas, kelihatannya seperti benar-benar cocok di Light Square ... Saya pikir ini benar-benar menggembirakan," tuturnya.



[JA]


Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment