Bujuk Orang Pergi ke Suriah, Remaja 22 Tahun di Sydney Ditangkap Polisi

ilustrasi/image : adelaidenow.com.au


INDOAU.COM – Seorang pemuda berusia 22 tahun di Sydney ditahan Polisi Federal Australia dan Polisi New South Wales atas tuduhan terkait terorisme.

Setelah mendapat surat penggeledahan, Tim Gabungan Kontra Terorisme NSW menangkap pria tersebut di sebuah rumah di Wattle Grove di Sydney Barat Daya.

Pihak berwenang akan menggunakan tuduhan bahwa pria tersebut mengunjungi wilayah konflik Suriah pada tahun 2013, dan secara aktif ia membujuk yang lain untuk melakukan perjalanan ke Suriah.

Pria ini dibawa ke kantor polisi Liverpool dimana ia mendapat tuduhan bersiap untuk terlibat dalam aksi kekerasan di negara asing. Jika terbukti bersalah, ia akan dihukum penjara maksimal 10 tahun.

Acting Assistant Commissioner di bidang Kontra Terorisme Michael Kelsey dari AFP mengatakan bahwa penahanan ini menunjukkan adanya penekanan terhadap sikap keras yang dilakukan pihak berwenang terhadap warga Australia yang terlibat untuk berjuang di luar negeri.

"Kami akan gterus mencari mereka yang kembali dari negara asing dan menjalakan strategi yang tepat untuk menyelidiki mereka yang melakukan pelanggaran yang bertentangan dengan hukum Australia." katanya.

"Meskipun ada kesulitan untuk mengumpulkan bukti dari negeri asing, kami akan berusaha keras untuk mengadili mereka yang melakukan hal tersebut dan memperkecil resiko bagi masyarakat dari mereka yang bepergian ke kawasan konflik."

Assistant Commissioner Mark Murdoch dari Kepolisian NSW mengatakan bahwa penyelidikan terhadap pelanggaran yang berkaitan dengan terorisme akan tetap menjadi prioritas.

"Penahanan hari ini adalah contoh dari kerjasama antara badan Federal dan negara bagian dalam menyelidiki pelanggaran berkenaan dengan terorisme." katanya.

Pria tersebut akan diajukan ke Pengadilan Lokal Parramatta pada hari Selasa (15/11/2016) sore.

[FY]




Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment