Trump Menang, Turnbull : AS-Australia Akan Tetap Akur

image : radionz.co.nz


INDOAU.COM – Setelah mengantongi 279 suara electoral votes dari 270 suara yang dibutuhkan, Donald Trump menjadi berhasil mengalahkan capres Demokrat Hillary Clinton dalam pemilihan presiden Amerika Serikat.

Sejumlah kepala negara di dunia sepeti Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe, Presiden Rusia Vladimir Putin, PM Kanada Justin Trudeau dan Presiden Indonesia Joko Widodo mengucapkan selamat atas kemenangan Trumo.

PM Australia, Malcolm Turnbull pun mengucapkan selamat atas terpilihnya Trump sebagai presiden AS.

“Politisi, pemerintah, anggota kongres, senator, perdana menteri dan menteri-menteri di bawahnya akan datang dan pergi sesuai kehendak rakyat Australia dan Amerika Serikat. Akan tetapi, ikatan di antara kedua negara, kepentingan umum kita, kepentingan nasional kita begitu kuat. Kita akan tetap berkomitmen terus bekerja bersama teman kita di AS melalui pemerintahan Trump,” tegasnya, seperti dikutip dari BBC, Kamis (10/11/2016).

Turnbull berbicara dengan Trump lewat telepon dari kantornya di Gedung Parlemen di Canberra. Ia meyakinkan warga Australia bahwa persekutuan dengan AS akan tetap kuat dalam beberapa tahun ke depan.

"Kami mendiskusikan pentingnya keberlanjutnya kehadiran Amerika Serikat yang kuat di kawasan," kata Turnbull.

"Kami setuju bahwa kehadiran ini akan merupakan hal mendasar yang penting bagi perdamaian dan stabilitas, yang memungkinkan pertumbuhan dan kesejahteraan, pertumbuhan ekonomi yang sudah terjadi selama 40 tahun terakhir."

[JA]


Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment