Pertempuran Australia dan Gelombang Panas Masih Berlanjut

image : EPA


INDOAU.COM – Pihak berwenang Australia telah mengeluarkan perintah evakuasi di beberapa daerah pedesaan di New South Wales . Evakuasi dilakukan karena kebakaran hutan yang terjadi akibat cuaca panas dan angin kencang yang ekstrim di seluruh daerah NSW.

Sebelumnya, minggu sore perintah darurat dikeluarkan untuk lima daerah pedesaan. Warga diminta untuk mengungsi ke daerah yang lebih aman dan mencari perlindungan serta menghindari semak dan padang rumput.

Lebih dari 2.000 petugas  pemadam kebakaran yang sebagian merupakan relawan dikerahkan untuk mengatasi 86 titik kebakaran yang tersebar di seluruh wilayah negara bagian, yang saat ini 38  diantaranya masih di luar kendali.

Gelombang panas mencapai rekor tertinggi di beberapa daerah. Petugas mengatakan ini lebih mengerikan dibandingkan kebakaran terburuk Australia yang pernah terjadi di Victoria pada tahun 2009 silam yang menewaskan 173 orang.

Kepala pemadam kebakaran, Shane Fitzsimmons mengatakan kepada wartawan bahwa ini merupakan yang terburuk dalam sejarah New South Wales melihat kondisi kebakaran dan tingkat bahaya api.

Fitzsimmons juga mengatakan bahwa ada beberapa laporan yang belum dikonfirmasi terkait kebakaran yang menghancurkan gudang pertanian dan mesin-mesin yang ada.

Di beberapa daerah suhu mencapai lebih dari 45 derajat Celcius. Angin barat laut yang kering dan panas datang dari pusat gurun Australia yang mencapai 75 kilometer per jam menyebabkan kebakaran hutandi berbagai daerah.

[JA]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment